A. Pengertian
ITIL atau Information Technology Infrastructure Library, merupakan sebuah framework yang dibuat dan dikembangkan oleh Office of Government Commerce (OGC) di Inggris. ITIL merupakan kumpulan dari best practice tata kelola layanan teknologi informasi diberbagai bidang dan industri, dari mulai manufaktur sampai finansial, industri besar dan kecil, swasta dan pemerintah.
B. Latar Belakang
ITIL diterbitkan dalam satu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT Infrastructure Library adalah merek dagang dari Kantor Perdagangan Pemerintah (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, dan prosedur yang bisa disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.
C. Maksud dan Tujuan
Tujuan Information Technology Infrastructure Library (ITIL) adalah untuk menyediakan petunjuk untuk praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi. Ini mencakup pilihan yang dapat diapdopsi dan diadaptasi oleh organisasi berdasarkan kebutuhan bisnisnya, keadaan, dan kedewasaan dari penyedia layanan. (Sumber: Anonim1)
D. Sejarah
Menurut Addy (2007, pXXXVIII), Information Technology Infrastructure Library (ITIL) pertama kali muncul pada akhir tahun 80an. Central Computer and Telecommunication Agency (CCTA) yang merupakan bagian dari departemen pemerintahan Inggris, dengan biaya IT sebesar 9 miliar pound, mendapatkan tekanan besar untuk dapat mengurangi biaya tersebut secara signifikan. CCTA memutuskan efisiensi besar merupakan salah satu cara potensial untuk mengurangi biaya tersebut. Akhirnya mereka menciptakan sebuah linkungan yang berfokus pada proses dan efisiensi untuk pengembangan sebuah kerangka kerja yang saat ini dikenal sebagai Technology Infrastructure Library (ITIL).
Pada tahun 90an banyak perusahaan besar dan agen pemerintahan di Eropa mulai mengadopsi kerangka kerja ITIL ini sebagai dasar dalam operasional IT. ITIL mulai menyebar secara luas dan dengan cepat menjadi standar de facto untuk manajemen layanan IT.
E.Konsep
ITIL (Information Technology Infrastructure Library) merupakan metodologi yang memberikan panduan best practice bagi IT Service Management dalam membantu menghubungkan IT dengan kebutuhan pelayanan bisnis dan juga sebaliknya. ITIL memberikan pengaruh kepada manajemen termasuk di dalamnya manajemen orang dan proses, efektifitas teknologi, serta efisiensi dan ekonomis dalam memberikan pelayanan bisnis dengan service level yang telah disetujui bersama (antara IT dengan bisnis).
Keuntungan yang diperoleh dari ITIL adalah bisnis yang lebih kompetitif diantaranya dengan meningkatnya kepuasan dan pelayanan nasabah, meningkatnya availability dan reliability dari pelayanan IT, meningkatnya roles dan responsibilities dari organisasi IT, menghubungkan IT dengan bisnis dan bisnis dengan IT.
ITIL memiliki beberapa proses (OGC,2003), diantaranya :
1. The Business Perspective
Berfokus kepada pelurusan, pemahaman dan peningkatan IT yang
berhubungan dengan kebutuhan bisnis sekarang dan yang akan datang.
2. ICT Infrastructure Management
Manajemen infrastruktur ICT (Information and Communications Technology)
berfokus pada kuantitas, kualitas, dan ketersediaan dari informasi yang
berhubungan dengan infrastruktur. Meliputi manajemen pelayanan jaringan,
manajemen operasi, manajemen dari lokal prosesor, instalasi komputer, dan
manajemen sistem.
3. Planning to Implement Service Management
Merupakan permintaan proses dan fungsi yang dibutuhkan untuk
mengimplementasikan atau meningkatkan ketentuan pelayanan IT. Meliputi
IT maturity, keuntungan dari manajemen pelayanan, peningkatan yang terus
menerus yang pasti ngerokokdihubungkan untuk mengimplementasikan
proses ITIL dan fungsi Service Desk.
4. Application Management
Lifecycle dari aplikasi dan pengaruhnya terhadap implementasi,
pengembangan, dukungan dan pengiriman pelayanan ICT. Manajemen
aplikasi meliputi perubahan bisnis, definisi permintaan, dan implementasi
dari solusi untuk menemukan kebutuhan bisnis.
5. Security Management
Merupakan bagian dari manajemen IT.
6. IT Service Management
Merupakan kumpulan dari tanggung jawab yang saling berbagi, ditambah
disiplin dan proses yang saling berhubungan yang memampukan
perusahaan untuk menjamin, mengawasi, dan mengatur infrastruktur IT
untuk memberikan kualitas dan efektifitas pelayanan agar dapat
menghubungkan keperluan bisnis jangka pendek dan jangka panjang.
F. Referensi
https://translate.google.com/translate?hl=en&sl=en&tl=id&u=https%3A%2F%2Fid.wikipedia.org%2Fwiki%2FITIL

No comments:
Post a Comment